iklan atas

Tuesday, March 12, 2013

Belajar IT di Dinas Kominfo Parepare

   
   Pada umumnya dunia IT penuh dengan praktek agar pengalaman dan pemahaman terus bertambah. Terlebih teknologi terus berkembang seiring dengan perkembangan waktu, sehingga terkadang orang berpikir mengikuti teknologi bisa membuang waktu dan uang jika kita belum pasti turun langsung menjadi praktisi IT”. Ubah pemikiran anda tentang wacana di atas.
      Belajar IT memang tidak mudah dan juga tidak sulit. Maksudnya tergantung dari pribadi masing-masing mau anggap itu mudah atau sulit. Jadi kalau mau belajar IT harus sekalian dipraktekan. Pokoknya yang penting mau belajar kemudian dipraktekan dan jangan takut salah.
Nah..saya mau berbagi pengalaman saya belajar IT selama praktek lapangan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pare-pare.
      
           
Ini lagi menginput data di website..jadi web administrator sementara..

           
        Salah satu pelayan IT di dinas Kominfo ini adalah operasional M-PLIK. Ada yang sudah pernah dengar tentang Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)? Sederhananya MPLIK ini adalah warnet berjalan atau pelayanan internet keliling.. Mungkin bagi yang tinggal di kota besar dengan segala gadget merasa tidak membutuhkan MPLIK ini. Tapi kita perlu ingat, ruang publik dengan koneksi wifi gratis dimana-mana hanya tersedia di kota-kota besar saja. Di daerah (terpencil), internet belum tentu sudah masuk.Padahal kita tahu banyak sekali nilai guna dari internet, dan sudah sepantasnya intenet (dan akses informasi) tidak  jadi monopoli ‘orang kota’ saja.

 ini yang namanya M-PLIK...

 

kalau yang ini anak-anak SD lagi mengunakan internet dari M-PLIK..




       Sampai saat ini M-PLIK telah melakukan rute perjalanan ke kecamatan-kecamatan dan mendapat sambutan positif dari masyarakat, tingginya minat dan kebutuhan masyarakat akan internet terlihat jelas ketika mobil internet ini mangkal disekolah-sekolah di daerah kecamatan. Siswa dan siswi begitu antusias akan kehadiran M-PLIK, yang kemudian langsung ingin mencoba menggunakan internet dari M-PLIK tersebut. Dengan M-PLIK ini kita berharap kedepannya internet tidak lagi manjadi hal yang sulit untuk didapat, agar masyarakat daerah kecamatan tidak  ketinggalan akan informasi dan ilmu pengetahuan.

Jadi ada beberapa Tips yang bisa saya sarankan jika mau belajar IT :
  • Mengenal IT
    Pertama-tama kenali dulu IT secara umum. Pahami pembagian bidang dalam IT, karena IT terdiri dari banyak bidang.
  • Mencari dan membaca referensi
    Referensi ini
      sangat penting untuk menggantikan riset-riset yang membutuhkan hardware/piranti keras atau lunak yang mahal dan tentunya sebagai langkah awal untuk mencapai point yang pertama. Dengan pemahaman yang baik terhadap referensi-referensi terkait, maka anda dapat dipastikan ‘Bisa/memiliki pengalaman’ dalam sebuah kasus tanpa harus melakukan praktek sebelumnya. Karena dengan referensi, anda dapat mengetahui asal usul atau cara kerja suatu bidang IT.
  • Bersosialisasi
    Seperti pepatah ’malu bertanya sesat di jalan,kalau sesat di jalan malu-maluin’. Maka dari itu bersosialisasi itu penting dalam dunia IT, karena dengan bersosialisasi maka anda akan dapat pengalaman dan wawasan yang terus bertambah dari yang telah berpengalaman.
  • Buat proyek kecil-kecilan. Contoh sederhanaya bikin blog seperti ini.
  • Jika anda sudah mendalami dan mengetahui tujuan bidang IT, anda bisa memulai proyek kecil-kecilan sesuai dengan minat anda, misalnya di bidang software atau networking. Keluarkan kreatifitas anda dalam membuat proyek anda biarpun masih kecil-kecilan.


No comments:

Post a Comment

Seharian Keliling Kawasan TWAL Teluk Maumere

       Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere terletak di kawasan utara Pulau Flores dan berbatasan dengan Laut Flores. Kaw...