iklan atas

Tuesday, March 12, 2013

Membuat Iklan Layanan Masyarakat(ILM) Radio

             Apa yang anda lakukan jika  anda ditugaskan membuat Iklan Layanan Masyarakat untuk Radio,,sedangkan sebelumnya anda tidak punya pengetahuan dan pengalaman sama sekali di bidang itu ??..Maka yang pertama yang harus dilakukan adalah browsing sebanyak-banyaknya cara pembuatan ILM radio yang baik dan benar di internet.Pahami kemudian kembangkan dengan kreatifitasmu.Itulah yg  saya dan teman-teman lakukan saat Praktek Lapangan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare.
     Awalnya saya bersama rekan saya ditugaskan di bidang Pendayagunaan Media komunikasi,dimana bidang ini meliputi pendayagunaan media komunikasi massa, komunikasi kelompok, komunikasi publik, serta media komunikasi tradisional dan alternative.Salah satu media komunikasi publik  yang  dikelola Kantor ini adalah Radio Suara Bandar Madani FM yang mengudara di frekuensi 96,9 MHz .

            Iklan layanan masyarakat (bahasa Inggris: Public Service Ad atau disingkat PSA) adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. 

Dalam hal ini Iklan yang akan kami buat mengenai  Kebersihan Lingkungan menyongsong adipura dan Penggunaan M-PLIK.Setelah mengetahui secara garis besarnya seperti apa sebuah ILM itu maka langkah awalnya kami pun mulai membuat Script iklannya.

            Script iklan radio bentuknya seperti menulis naskah sandiwara. Script ditulis dengan bahasa lisan atau percakapan. Jadi tidak terlalu gramatikal, kecuali untuk lucu-lucuan. Dalam hal ini, bahasa lebih penting dari pada tata bahasa. Tentu saja dengan siapa kita berbicara atau siapa target audience kita, jangan pernah dilupakan.Untuk membuat iklan radio lebih menarik, tidak datar, dan tidak membosankan, buatlah semacam ucapan atau kata-kata pemancing perhatian di akhir dialog.Jika kamu memang ingin mengemukakan kedaerahan untuk ditonjolkan, Gunakan “kekhasan” dengan hati-hati karena beberapa kata khas di suatu daerah belum tentu dimengerti di daerah lain.

Kerena saya dan teman-teman berasal dari daerah yang berbeda-beda maka kami menggunakan dialog dengan khas daerah masing-masing namun masih bisa dimengerti.Perlu juga diperhatikan bahwa struktur iklan untuk radio biasanya terdiri dari :
  • Musik
  • Narasi (dialog atau single)
  • SFX (Sound Effect)
  • Announcer
Nahh..ini salah satu contoh script iklan yang sudah jadi.

JUDUL : Penggunaan  M-PLIK
Latar              : di jalanan
Sound effect   : bunyi mobil lewat,derum,klakson
J           : Hei kawan..itu mobil apakah?
A           : mobil yang mane?
J           : Itu yang warna biru sana,yang baru lewat itu..
K           : loe gak tau ? itu namanya M-PLIK
J           : M-PLIK?? barang apa itu ??
K           : M-PLIK itu mobil pusat layanan informasi kecamatan yang dikelola
               dinas Kominfo  
               Parepare tau..
A          : iye,yang fungsinya memberikan layanan internet gratis kepada
              masyarakat agar masyarakat tidak ketinggalan informasi dan ilmu
              pengetahuan.
J           : OO..Saya baru tau ini,,jadi bagaimana caranya kita dapatkan layanan
               M-PLIK?
K          : kalau mau dapat layanan M-PLIK hubungi saja Dinas Kominfo Parepare
              di Jalan panorama nomor 3 Parepare.setiap hari pengoperasiannya
              untuk 4 jam di lapangan melayani masyarakat.di sekolah-sekolah dan
              di kecamatan-kecamatan
J           : jadi torang masyarakat umum juga bisa pake kah?
K          : yailah..masyarakat umum berhak dapatin layanan M-PLIK . Mobil ini
               mobil masyarakat diperuntukkan penggunaannya untuk kepentingan
               masyarakat.

Sound effect :music
Narrator           :Mari kita tingkatkan layanan internet masyarakat di kota
                        Parepare. Gunakan faslitas M-PLIK,.Jangan biarkan yang
                        terpencil menjadi terkucil.
                        Iklan layanan masyarakat ini dipersembahkan oleh dinas
                        komunikasi dan informasikota parepare.

           ****End***  

Ket       : J=dialek Papua
              A=dialek Melayu
              K=dialek Jakarta

Iklan tersebut menggunakan tiga tokoh yang kesemuanya laki-laki. Tentu saja diharapkan tokoh yang memerankan memiliki warna suara yang berbeda. Sangat jelas bahwa karakter dalam iklan adalah orang dengan budaya yang berbeda,yakni dari Papua,Melayu,sama Jakarta.

Setelah script iklannya jadi langkah selanjutnya masuk dapur rekaman.Karena Radio merupakan media audituf dan atraktif, artinya mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengar. Bagi si pendengar, radio seperti berbicara dengannya. Karena itulah, maka iklan di radio memiliki karakteristik dimana dialognya harus bisa  menghasilkan pesan yang "bermain-main” di benak pendengar. Dengan kata lain, iklan itu harus mampu menyebabkan pendengar berimajinasi mengenai pesan iklan yang disampaikan.

inilah suasana saat rekaman iklan....

             
Setelah script tersebut diolah di dapur rekaman, jadilah iklan tersebut dan siap disiarkan. Menarik bukan? Ternyata tidak sesulit dari yang dibayangkan.

No comments:

Post a Comment

Seharian Keliling Kawasan TWAL Teluk Maumere

       Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere terletak di kawasan utara Pulau Flores dan berbatasan dengan Laut Flores. Kaw...