iklan atas

Monday, June 17, 2013

REFLEKSI : Letak Perbedaan Negara Maju dengan Negara Berkembang(miskin)

       
Pemukiman negara maju
Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi beberapa pengetahuan yang saya dapatkan dari dosen saya. Seperti yang kita ketahui kita kenal ada Negara maju (kaya) dan ada Negara yang masih digolongkan negara berkembang (masih miskin). Kira-kira dimana letak perbedaannya? kenapa ada Negara yang cepat maju dan ada juga Negara yang masih saja terseok-seok untuk maju seperti Negara Indonesia ini.
Mari kita simak..
 
Pemukiman negara berkembang
Apakah Perbedaan antara negara berkembang (masih miskin) & negara maju (kaya)? 

PERTANYAAN PERTAMA: 
Apakah sebuah Negara bisa maju tergantung pada umur negara itu merdeka?
Jawabannya tidakKenapa bisa demikian ??? 




Contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (masih saja miskin).


India
Mesir

PERTANYAAN  selanjutnya:
Apakah ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara dapat menjamin negara tersebut menjadi “kaya” ?

PERNYATAAN  bahwa : Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi “kaya” atau “miskin”
 
Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya, 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian & peternakan. Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara “industri terapung” yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya.

Bukan hanya Jepang, Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami. Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik. (Nestle adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia).

Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan, integritas, dan ketertiban – tetapi saat ini bank-bank di Swiss menjadi bank yang sangat disukai di dunia.
intelegensi


Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang akan sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan.

Ras/warna kulit
Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting.Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju/kaya di Eropa.

Lalu dimana letak perbedaannya ?

Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti / mematuhi PRINSIP - PRINSIP DASAR KEHIDUPAN” 

 

So..Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.(ingat Lagu  : EBITE G. ADE) .
Kita terbelakang / lemah / miskin karena perilaku kita yang kurang/ tidak baik akibat pendidikan & pengetahuan  yang kurang. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan  kita pantas membangun masyarakat, ekonomi, dan negara.

Maka dari itu ANDA  HARUS MELAKSANAKAN SEMBILAN PRINSIP DASAR KEHIDUPAN TERSEBUT dan  Anda HARUS meneruskan pesan ini, !!! TETAPI….. jika Anda tidak meneruskan pesan ini, tidak akan terjadi perubahan apa-apa dalam negara kita. Negara kita akan tetap berlanjut dalam Kebodohan dan Kemiskinan... serta akan menjadi lebih Bodoh serta Miskin lagi. Negara ini hanya akan menunggu waktu yang tepat menuju kesempurnaan kehancurannya.

Jika Anda mencintai negara kita, teruskan pesan ini kepada teman-teman Anda. Biarlah mereka merefleksikan hal ini. Kita harus mulai dari mana saja. Kita ingin BERUBAH ! dan ……. PERUBAHAN DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI,DIMULAI DARI HAL YANG KECIL DAN LAKUKAN MULAI SAAT INI JUGA ...!!!

No comments:

Post a Comment

Seharian Keliling Kawasan TWAL Teluk Maumere

       Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere terletak di kawasan utara Pulau Flores dan berbatasan dengan Laut Flores. Kaw...