iklan atas

Sunday, November 15, 2015

FLORES, Hunting Sunrise di Maumere


Welcome to Maumere. Anda tahu kota ini ? 

Maumere adalah nama ibukota Kabupaten Sikka, NTT. Nama gaulnya "MOF" (Maumere of Flores), yah karena terletak di timur Pulau Flores dan merupakan kota terbesar di Flores. Karena sebutan kotanya "Mof" maka Orang Maumere biasa menamakan dirinya "Mofers".  Kota Maumere ini berada di pesisir pantai utara Flores. Mau tahu selengkapnya mengenai Maumere kunjungi  www.inimaumere.com dan www.sikkakab.go.id.


Maumere memiliki kain tenun ikat yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tepat 11 November 2015, Kabupaten Sikka berhasil memecahkan rekor MURI sekaligus memecahkan rekor dunia atas peragaan pembuatan tenun ikat sikka. Ada sekitar 1.057 pengrajin tenun yang dilengkapi dengan alat tenun mereka. 
berita Nasional
Maumere juga terkenal dengan lagu "GEMU FA MI RE". Lagu dan tariannya kini sudah sangat terkenal di seluruh pelosok daerah Indonesia. Nuansa kedaerahannya mampu menghipnotis pendengarnya, mengajak kita bergoyang dan berputar manis..

Oke deh, itu sedikit mengenai Maumere. Kembali ke Sunrise di kota Maumere. Setahun lalu di Kota Kupang saya sukanya hunting sunset, baca ceritanya DISINI , setelah pindah tugas di Kota ini hal favorit baru yakni hunting sunrise with my little brother. Kalau hunting sunrise yah harus bangun pagi-pagi, biasanya ini saya lakukan di hari Sabtu, saat libur kerja.

     What do you choose ? Sunrise or sunset ? Maka saya akan menjawab "Saya tidak bisa memilih, karena saya menyukai keduanya".  Matahari terbit dan terbenam adalah saat yang sangat indah dan mempesona untuk diamati. Entah mengapa saya sangat senang menyaksikan momen setiap sunrise, mengagumi hasil jepretan yang diambil saat sunrise. Sebagian orang menganggap itu adalah hal biasa, matahari terbit di pagi hari, dan tenggelam di sore hari, begitu setiap hari selama kita masih hidup dan dunia belum kiamat. Tidak setiap orang benar- benar mengamati dan menikmati keindahannya, karena sebagian orang lebih suka menjalani rutinitas mereka yang sama tiap hari, lebih suka menenggelamkan diri mereka dengan pekerjaan, lebih suka menjalani hari seperti robot, dan ada yang lebih suka bersembunyi di balik selimut.

      Jadi kenapa suka menyaksikan sunrise? Pertama, saya tidak suka bangun pagi dengan cara yang sama, itu sangat membosankan. Kedua, sama seperti sunset, Sunrise punya makna tersendiri buat saya "a new day has come with fresh hope, fresh effort, fresh feelings, mengingatkan saya tak lupa untuk bersyukur karena masih jadi orang yang beruntung, masih diberi waktu hingga saat ini". Meski kadang- kadang hidup sungguh terasa berat untuk dijalani, tetapi menyaksikan indahnya sunrise menjanjikan begitu banyak harapan baru. So.. bagi kalian yang belum pernah mencoba, sisahkan sedikit waktumu untuk menikmati kuasa Tuhan yang satu ini.  Sunrise or sunset ? percayalah itu bisa memberi harapan baru buatmu.. Hidup ini terlalu indah untuk dijalani seperti robot.

      Tidak susah menemukan view sunrise dari pinggir pantai di kota ini. Pemandangan yang umum adalah kapal-kapal yang bersandar di pinggir pantai. Langsung saja lihat hasil jepretan kami..yah walaupun hanya menggunakan kamera hp, kebanyak foto siluetnya, kalau foto sunrise atau sunset kan paling identik dengan siluet, ibarat pemanis atau penambah daya tarik sunrise/sunset.


say "Hallo Sunrise"






"touch"























"kiss the sunrise"


"peace"



"keep your face to the sunrise"



"Suasana di Pasar ikan"




" Briliant blue of morning Sea after sunrise"


"rasakan aroma lautnya"

"sekalian berjemur, matahari pagi itu menyehatkan"




Yang terakhir  ini foto sunrise di salah satu sudut kota Maumere..



Mungkin sebagai penutup kali ini, ada sunrise quote yang mau saya bagi yang mungkin bisa menginspirasi kamu untuk menyetel alarm lebih pagi dan nikmati sunrise.. 


"At sunrise everything is luminous but not clear. It is those we live and love and should know who elude us. You can love completely without complete understanding" - Norman Maclean

"watching a sunrise, we open ourselves up to the beauty that nature creates, knowing it will never repeat itself just like this again" - Jake Rajs

"Every sunset gives us one day less to LIVE but every sunrise gives us one day more to HOPE" -Ritusagoo



1 comment:

Seharian Keliling Kawasan TWAL Teluk Maumere

       Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere terletak di kawasan utara Pulau Flores dan berbatasan dengan Laut Flores. Kaw...