Apa
yang anda lakukan jika anda ditugaskan
membuat Iklan Layanan Masyarakat untuk Radio,,sedangkan sebelumnya anda tidak
punya pengetahuan dan pengalaman sama sekali di bidang itu ??..Maka yang
pertama yang harus dilakukan adalah browsing sebanyak-banyaknya cara pembuatan
ILM radio yang baik dan benar di internet.Pahami kemudian kembangkan dengan
kreatifitasmu.Itulah yg saya dan teman-teman lakukan
saat Praktek Lapangan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare.
Awalnya saya bersama rekan saya
ditugaskan di bidang Pendayagunaan Media komunikasi,dimana bidang ini meliputi
pendayagunaan media komunikasi massa, komunikasi kelompok, komunikasi publik,
serta media komunikasi tradisional dan alternative.Salah satu media komunikasi
publik yang dikelola Kantor ini adalah Radio Suara Bandar
Madani FM yang mengudara di frekuensi 96,9 MHz .
Iklan layanan masyarakat (bahasa Inggris: Public
Service Ad atau disingkat PSA)
adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk
membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka
hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.
Dalam
hal ini Iklan yang akan kami buat mengenai
Kebersihan Lingkungan menyongsong adipura dan Penggunaan M-PLIK.Setelah mengetahui secara garis
besarnya seperti apa sebuah ILM itu maka langkah awalnya kami pun mulai membuat
Script iklannya.
Script
iklan radio bentuknya seperti menulis naskah sandiwara. Script ditulis dengan
bahasa lisan atau percakapan. Jadi tidak terlalu gramatikal, kecuali untuk
lucu-lucuan. Dalam hal ini, bahasa lebih penting dari pada tata bahasa. Tentu
saja dengan siapa kita berbicara atau siapa target audience kita, jangan pernah
dilupakan.Untuk membuat iklan radio lebih menarik, tidak datar, dan tidak
membosankan, buatlah semacam ucapan atau kata-kata pemancing perhatian di akhir
dialog.Jika kamu memang ingin mengemukakan kedaerahan untuk ditonjolkan,
Gunakan “kekhasan” dengan hati-hati karena beberapa kata khas di suatu daerah
belum tentu dimengerti di daerah lain.
Kerena saya dan
teman-teman berasal dari daerah yang berbeda-beda maka kami menggunakan dialog
dengan khas daerah masing-masing namun masih bisa dimengerti.Perlu juga
diperhatikan bahwa struktur iklan untuk radio biasanya terdiri dari :
- Musik
- Narasi (dialog atau single)
- SFX (Sound Effect)
- Announcer
Nahh..ini salah satu contoh
script iklan yang sudah jadi.
JUDUL :
Penggunaan M-PLIK
Latar : di jalanan
Sound effect : bunyi mobil lewat,derum,klakson
J : Hei kawan..itu mobil apakah?
A : mobil yang mane?
J : Itu yang warna biru sana,yang baru
lewat itu..
K : loe gak tau ? itu namanya M-PLIK
J : M-PLIK?? barang apa itu ??
K : M-PLIK itu mobil pusat layanan
informasi kecamatan yang dikelola
dinas Kominfo
Parepare tau..
dinas Kominfo
Parepare tau..
A : iye,yang fungsinya memberikan
layanan internet gratis kepada
masyarakat agar masyarakat tidak ketinggalan informasi dan ilmu
pengetahuan.
masyarakat agar masyarakat tidak ketinggalan informasi dan ilmu
pengetahuan.
J : OO..Saya baru tau ini,,jadi
bagaimana caranya kita dapatkan layanan
M-PLIK?
M-PLIK?
K : kalau mau dapat layanan M-PLIK
hubungi saja Dinas Kominfo Parepare
di Jalan panorama nomor 3 Parepare.setiap hari pengoperasiannya
untuk 4 jam di lapangan melayani masyarakat.di sekolah-sekolah dan
di kecamatan-kecamatan
di Jalan panorama nomor 3 Parepare.setiap hari pengoperasiannya
untuk 4 jam di lapangan melayani masyarakat.di sekolah-sekolah dan
di kecamatan-kecamatan
J : jadi torang masyarakat umum juga bisa pake
kah?
K : yailah..masyarakat umum berhak
dapatin layanan M-PLIK . Mobil ini
mobil masyarakat diperuntukkan penggunaannya untuk kepentingan
masyarakat.
mobil masyarakat diperuntukkan penggunaannya untuk kepentingan
masyarakat.
Sound effect :music
Narrator :Mari kita tingkatkan layanan internet masyarakat di kota
Parepare. Gunakan faslitas M-PLIK,.Jangan biarkan yang
terpencil menjadi terkucil.
Parepare. Gunakan faslitas M-PLIK,.Jangan biarkan yang
terpencil menjadi terkucil.
Iklan layanan masyarakat ini dipersembahkan
oleh dinas
komunikasi dan informasikota parepare.
komunikasi dan informasikota parepare.
****End***
Ket : J=dialek Papua
A=dialek Melayu
K=dialek Jakarta
Iklan tersebut menggunakan tiga tokoh yang kesemuanya laki-laki. Tentu saja diharapkan tokoh yang memerankan memiliki warna suara yang berbeda. Sangat jelas bahwa karakter dalam iklan adalah orang dengan budaya yang berbeda,yakni dari Papua,Melayu,sama Jakarta.
Setelah script iklannya jadi langkah selanjutnya masuk dapur rekaman.Karena Radio merupakan media audituf dan atraktif, artinya mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengar. Bagi si pendengar, radio seperti berbicara dengannya. Karena itulah, maka iklan di radio memiliki karakteristik dimana dialognya harus bisa menghasilkan pesan yang "bermain-main” di benak pendengar. Dengan kata lain, iklan itu harus mampu menyebabkan pendengar berimajinasi mengenai pesan iklan yang disampaikan.
inilah suasana saat rekaman iklan....
Setelah script tersebut diolah di dapur rekaman, jadilah iklan tersebut dan siap disiarkan. Menarik bukan? Ternyata tidak sesulit dari yang dibayangkan.
No comments:
Post a Comment